Penampilan Wayang dan Teater Ubrug Sukses di Pandeglang

Budaya, Berita32 Views

Banten.Perdananews.Com Pandeglang, 27 Januari 2024 – Penampilan wayang dan teater ubrug sukses disuguhkan di Auditorium SMKN 1 Pandeglang pada Kamis, 26 Januari 2024. Penampilan ini merupakan hasil kerja sama antara Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang dengan komunitas pecinta seni tradisional.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Heryana, memberikan tanggapan positif atas penampilan tersebut. Ia menilai bahwa penampilan wayang dan teater ubrug ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan seni tradisional Indonesia.

“Penampilan ini merupakan bukti bahwa seni tradisional masih memiliki tempat di hati masyarakat,” kata Heryana. “Kami akan terus mendukung upaya-upaya untuk melestarikan seni tradisional,” imbuhnya.

Penata naskah dan sutradara teater ubrug, Purwa Rahayu, mengatakan bahwa penampilan ini berjudul “Alengka Yudha”. Teater ini mengisahkan tentang perang antara Rama dan Rahwana.

“Kami berharap penampilan ini dapat menghibur masyarakat dan memberikan pesan moral,” kata Purwa.

Pertunjukan yang menghadirkan cerita ‘Alengka Yuda’ dalam suguhan seni kolaboratif wayang dan teater Ubrug berhasil disuguhkan dengan apik dan menghibur. Melalui teknik komedi ubrug yang lucu, tata rias dan busana yang kreatif, iringan musik menarik, serta permainan yang seru, penonton dibawa ke dalam dunia komedi peperangan Alengka. Cerita pewayangan masa lalu disajikan dengan kreasi interpretasi modern.Jelas purwa

Salah satu penonton, Leni asal Saketi, mengaku sangat menikmati penampilan tersebut. Ia mengatakan bahwa penampilan ini sangat menghibur dan penuh pesan moral.

“Saya sangat senang bisa menyaksikan penampilan ini. Saya berharap penampilan seperti ini dapat terus digelar,” kata Leni.

Tak hanya itu Tirta selaku pelaksana produksi “Penampilan wayang dan teater ubrug ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan seni tradisional Indonesia. Penampilan ini juga menjadi bukti bahwa seni tradisional masih memiliki tempat di hati masyarakat”.

ads

Comment